#

Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi

Dr Kabri,S.Ag., M.Pd., M.Pd.B | 23 July 2024

Pada tanggal 8-10 Juli 2024, Pustakawan STIAB Smaratungga mengikuti Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi di Hotel Surya Yudha Purwokerto. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di wilayah kerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan bimbingan teknis diawali dengan diskusi panel tentang program FPPTI Provinsi Jawa Tengah dalam pengembangan perpustakaan perguruan tinggi dan simulasi akreditasi perpustakaan perguruan tinggi. Kemudian pemaparan materi dan display produk tentang strategi, inovasi, dan kreasi pengembangan perpustakaan perguruan tinggi. Kegiatan ditutup dengan materi aplikasi pendataan perpustakaan berbasis wilayah dan pengajuan pembuatan Nomor Pokok Perpustakaan.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali pustakawan dalam persiapan akreditasi dan pengembangan perpustakaan perguruan tinggi yang dikelola. Selain itu, pustakawan juga dibekali tentang pembuatan bibliometrik, direktori, dan science mapping sebagai Produk Inovasi Perpustakaan Perguruan Tinggi.